Jumat, 06 September 2013

kumpulan soal manajemen



1.      Jelaskan pengertian kewirausahaan menurut sudut pandang ahli manajemen dan pandangan pemodal !
Jawab :
o   Menurut Pandangan Ahli Manajemen
Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengkombinasikan sumberdaya ( keuangan, material, tenaga kerja, keterampilan untuk menghasilkan produk, proses produksi, bisnis dan organisasi usaha baru (Marzuki Usman, 1993 : 3)
o   Menurut Pandangan Pemodal
Wirausaha adalah orang yang menciptakan kesejahteraan untuk orang lain, menemukan cara-cara baru untuk menggunakan sumberdaya, mengurangi pemborosan, dan membuka lapangan kerja yang disenangi masyarakat.

2.      Menurut  SCHUMPETER, kewirausahaanmerupakan pengusaha yang melaksanakan kombinasi-kombinasi baru dalam bidang teknik dan komersil kedalam bentuk praktek. Sebutkan lah beberapa kemungkinan-kemungkinanan baru yang dimaksud oleh SCHUMPETER ?
Jawab :
1.   Memperkenalkan produk atau kualitas baru suatu banrang yang belum dikenal oleh konsumen.
2.   Melakukan metode produksi dari penemuan ilmiah dan cara-cra baru untuk menangani sesuatu produk agar lebih menguntungkan.
3.   Membuka sesuatu pasar baru, yaituu pasar yang belum perna ada, atau belum pernah dimasuki cabang industry yang bersangkutan.
4.   Membuka sesuatu sumber daya baru, atau setengah jadi atau, sumber-sumber yang masihharus dikembangkan.
5.   Pelaksanaan organisasi baru, (Yuyun Wirasasmita, 1982:33-34)



3.      Jelaskan inti kewirausahaan menurut DRUCKER !
Jawab :
          Inti kewirausahaan menurut DRUKER 1959 adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang abru dan berbeda melaui pemikiran yang kreatif dan tindakan inovatif demi terciptanya peluang.

4.      Apa yang dimaksud etika bisnis ?
Jawab :
          Etika Bisnis adalh suatu kode etik perilaku pengusah berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan dalam membuat keputusan dan memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi.

5.      Jelaskanlah prinsip-prinsip etika dan prilaku bisnis ?
Jawab :
1.   Kejujuran, yaitu penuh keprcayaan, bersifat jujur, terus terang, tidak curang, tidak bohong, tidak mengelapkan dsb.
2.   Integritas, yaitu memegang prinsip, melakukan kegiatan yang terhormat, tulus hati, berani, penuh pendirian, tidak bermuka dua, tidak berbuat jahat, dan dapat dipercaya.
3.   Memelihara janji, yaitu selalu mentaati janji, patut dipercaya, penuh komitmen dsb.
4.   Kesetiaan, yaitu hormat dan loyal kepada keluarga, teman, karyawan, Negara, tidak menggunakan atau memperlihatkan informasi rahasia, menjaga profesionalisme, menghindari komplik kepentinagn.
5.   Kewajaran/keadolan, yaitu berlaku adil, berbudi luhur, mengakui, keslahan, komitmen keadilan, persamaan perlakuan individual dan toleran terhadap perbedaan, tidak melampaui batas (mengambil keuntungan yang tidak pantas dari kesalahan orang lain, atau kemalangan orang lain).
6.   Suka membantu orang lain, yaitusaling membantu, berbaik hati, belas kasihan, kebersamaan dan menghindari sesuatu yang bisa membahayakan orang lain.
7.   Hormat kepadaorang lain, yaitu menghormati martabat orang lain, toleransi, bersopan santun, tidak mempermalukan martabat orang lain.
8.   Warga Nergara yang berjiwa baik, yaitu taat pada aturan, penuh kesadarn social, democrat dsb.
9.   Mengejar keunggulan, yaitu mengejar keunggulan dalam segala hal, baik dalam pertemuan personal maupun pertanggung jawaban professional, tekun, melaksankan tugas dengan baik.
10.        Dapat dipertanggungjawabkan, yaitu memiliki dan menerima tanggung jawab atas keputusan dan kosekwensinya seta selalu member contoh.

6.      Apa yang dimakasud dengan :
a.      Land saving capital
b.      Labour saving capital
Jawab :
a.   Modal dikatakan land saving capital jika dengan modal tersebut dapat menghemat penggunaan lahan, tetapi produksi dapat dilipatgandakan tanpa harus memperluas area.
b.   Modal dikatakan labour saving capital jika dengan modal tersebut dapat dapat menghemat penggunaan tenaga kerja.
7.      Jelaskanlah ada beberapa pembagian modal ?
Jawab :
Modal dapat dikelompokan berdasarkan sifat, kegunaan, waktu dan fungsi.
1.   Sifat
Selain atas dasar sifatnya aitu yang menghemat lahan (land saving capital) dan menghemat tenaga kerja 9labour saving capital), ada juga yang justru menyerap tenaga kerja lebih banyak (misalnya jika menggunakan teknologi kimiawi, biologis, pasca usaha), tetapi ada pula yang mempertinggi efensiensi (misalnya mencangkul fdan membajjak jika menggunakan taktor biaya yang dikeluarkan Rp 300.000,- sedangkan menggunakan tenaga manusia atau hewan biaya yang dikeluarkan Rp 450.000,-
2.   Kegunaan
Atas dasar kegunaannya, modal dapt dibagi menjadi dua golongan, yaitu modal aktif dan modal pasif. Modal aktif adalah modal yang secara langsung maupun tidal langsung dapat meningkat produksi (misalnya pupuk dan bibit unggul, sedangkan tidak langsung misalnya teraseting). Modal pasif adalah modal yang digunakan hanya untuk sekedar mempertahankan produk (misalnya penggunaan bungkus, karung,kantong, plastic dan gudang)
3.   Waktu atas dasar waktu pemberian manfaatnya, modal daapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu modal produktif dan modal prosfektif. Modal dikatakn produktif jika langsung dpat meningkatkan produksi (misalnya pupuk dan bibit unggul). Modal dikatakan prosfektif jika dapat meningkatkan produksi, tetapi baru akan dirasakan pada jangka waktu lama (misalnya investasi dan terasering)

4.   Fungsi
Ats dasar fungsinya, modal dapat dibagi dalam dua golongan yaitu modal tetap (fixed asset) dan modal tidak tetap atau modal lancer (current asset). Modal tetap adalah modal yang dapat dipergunakan dalam berkali-kali proses produksi. Modal tetap ada yang bergerak atau mudah dipindahkan, ada yang hidup maupun mati (misalnya cangkul, sabit, ternak), sedangkan yang tidak dapat dipindahakna juga da yang hidup maupun mati (misalnya bangunan, tanaman dan kertas). Modal tidak tetap adlah modal yang hanya dapat digunakan dalam satui kali proses produksi saja (misalnya pupuk bibit unggul untuk tanaman semusim).

8.      Jelaskanlah pengertian biaya dan pendapatan ?
Jawab :
·         Biaya dibagi menjadi dua yaitu biaya tetap (FC = fixed cost, yaitu biaya yang besarnya tidak dipengaruhi besarnya produksi (y), dan biaya variable (VC = variable cost) yaitu biaya yang besranya dipengaruhi oleh besarnya produksi.
·         Pendapatan adalah suatu yang sangat penting dalmsetiap perusahaan tanpa ada pendapatan mustahil aka nada penghasilan atau earnings. Pendapatan juga dapat dikatakan sebagia hasil yang timbul dari aktivitas yang biasa disebut atau dikenal denagn penjualan, penghasilan jasa (fees), bunga, dividen royati dan sewa.

9.      Faktor-faktor apa yang mempengaruhi biaya dan pendapatan ?
Jawab :
o   Factor internal dan factor eksternal
Factor internal maupun factor eksternal maupunfaktor eksternal akan bersama-sama mempengaruhi biaya da pendapatan usahatani. Ditinjau dari segi umur, semakin tua akan semakin berpengalaman sehingga semakin baik dalam mengelola usahataninya.
o   Factor manajemen
Disamping factor internal dan eksternal maka manajemen juga sangat menentukan. Dengan factor internal tertentu maka petani harus dapat mengantisipasi factor eksternal yang selalu berubah-ubah dan tidak sepenuhnya dapt dikuasai. Petani sebagai manajer harus dapat mengambil keputusan denganberbaga pertimbangan ekonomis sehingga diperoleh hasil yang memberikan pendapatan yang maksimal.
10.  Mengapa perencanaan usahatani penting dilakukan oleh para petani ?
Jawab :
karena dengan melakukan perencanaan usaha tani maka petani dapat mengambilkeputusan dengan segala sesuatu yang akan dilakukan dalam usahatani yang akan dating dan rencana-rencana usahatani berupa pernyataan tertulis yang memuat sesuatu yang akan dikerjakan dalam periode waktu tertentu untuk tujuan tertentu pula sehubungan dengan usahataninya.

11.  Apa manfaat adanya perencanaan usahatani ?
Jawab :
a)   Diperoleh petunjuk tentang apa yang akan dilakukan
b)   Penyimpangan dan kesalahan dapat dikurangi
c)    Ada jaminan untuk mendekati kebenaran
d)   Sebagai alat evaluasi
e)    Kontinuitas usahatani terjamin

12.  a. sebutkanlah ada beberapa bentuk Badan Usaha Pertanian
b.apa kebaikan dan keburukan CV dan PT
Jawab :
a.   Beberapa bentuk Badan Usaha Pertanian :
1)   Usaha Perseorangan
2)   Firma (Fa)
3)   Perseroan Komanditer (CV)
4)   Perseroan Terbatas (PT)
5)   Perseroan Terbatas Negara (Persero)
6)   Perusahaan Daerah (PD)
7)   Perusahaan Negara Umum (PERUM)
8)   Perusahaan Negara Jawatan (PERJAN)
9)   Koperasi
10)        Dan bentuk-bentuk lain seperti : Joint Venture, Trust, Holding Company, Sindikat, Kartel dan Yayasan.

b.   - Kebaikan dan keburukan CV :
·         Kebaikan CV
a.   Modal yang dikumpulkan lebih besar
b.   Mudah memperoleh kredit
c.    Kemampuan managementnya lebih besar
d.   Pendiriannya mudah
·         Keburukan CV
a.   Sebagian anggota/sekutu mempunyai tanggung jawab tidak terbatas
b.   Kelangsungan hidupnya tidak menentu
c.    Sulit untuk menarik kembali modalnya, terutama bagi sekutu pimpinan
-  Kebaikan dan keburukan PT :
·         Kebaikan PT
a.   Tanggung jawab yang terbatas dari para pemengang saham terbatas utang-utang perusahaan
b.   Kontiyuitas perusahaan sebagi badan hokum lebih terjamin, sebab tidak tergantung pada bebarapa peserta; pemilik dapat berganti-ganti
c.    Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepada orang lain
d.   Mudah memperoleh tambahan modal untuk memperluas volume usahanya, misalnya dengan mengeluarkan sahm baru
e.    Management dan spesialisasinya memungkinkan pengelolaan sumber-sumber modal untuk itu secara efisien, Manager yang tidak cakap dapt diganti dengan yang lebih cakap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar